Senin, 21 November 2011

Mengenal Virtual Private Network

Saat ini, banyak perusahaan lokal maupun asing yang memiliki cabang diberbagai tempat namun tidak banyak yang tahu kalau infrastruktur dan teknologi informasi saat ini sudah bisa menghubungkan satu sama lain dengan mudah, salah satunya dengan menggunakan virtual private network.

Apa itu VPN (Virtual Private Network) ?

VPN adalah teknologi yang memungkinkan seseorang terkoneksi ke suatu jaringan lokal melalui jaringan publik dan membentuk suatu jaringan pribadi sehingga bisa dimanfaatkan secara bersama.

VPN bisa dibentuk menggunakan teknologi tunneling dan encryption yang didasar pada suatu proses akses secara remote yang digunakan untuk mendapatkan koneksi ke jaringan dengan tujuan tertentu, baik itu publik, intranet dan ekstranet dimana koneksi bisa terjadi pada semua lapisan layer OSI dan bisa digunakan di media apa saja seperti komputer, tablet, maupun handphone.

VPN saat ini biasa digunakan sebagai intranet VPN dan ekstranet VPN. Dalam Intranet VPN, koneksi VPN akan membentuk suatu private link yang menuju ke jaringan lokal melalui jaringan publik internet, sehingga kita bisa langsung mengakses data yang diperlukan dari manapun. Sedangkan extranet VPN biasanya diperuntukan bagi pihak ketiga atau mitra kerja suatu perusahaan yang memang memiliki kepentingan dan diberi hak untuk mengakses data di jaringan lokal.

Contoh nyatanya adalah saat ini Telkomsel sebagai salah satu operator yang menyediakan jasa layanan mobile VPN. Layanan ini dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan komunikasi para karyawan perusahaan yang mempunyai mobilitas yang tinggi. Solusi Mobile VPN ini mengadaptasi fungsi utama Private Branch Exchange (PBX), sehingga para karyawan bisa lebih efisien dan nyaman memanfaatkan fitur PBX melalui perangkat ponsel.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

INI YG PUNYA BLOGNYA SUKA COLI YA???

Ardroyd mengatakan...

@Atas Ane : Ini pasti anggota tim hore yang berbasis di Kota ya?

Anda M Razh Miran pasti
(ARDROYD)