Senin, 04 Oktober 2010

Pendakian Gede-Pangrango ditutup Sementara

Foto by : Ari "Jeng Ari" Sahabat Ngkong
Jalur pendakian ke Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) selama Oktober ditutup. Berdasarkan pemantauan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi & Geofisika (BMG) dan LAPAN pada bulan Oktober 2010, di daerah Jawa Barat diperkirakan akan memasuki cuaca ekstrim (potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang). Pernyataan ini juga diamini oleh Kepala Balai Besar TNGGP, Bapak Sumarto

TS Pose di Surya Kencana @TNGGP 2010
Tak hanya itu, Bapak Sumarto juga menjelaskan bahwa penutupan jalur pendakian juga lantaran belakangan terakhir para pendaki gunung banyak  yang tersesat dan sakit. Menurutnya hal itu lantaran faktor cuaca ektrim. Ditegasknnya, akhir-akhir ini kawasan pendakian sering  diguyur hujan dan kabut tebal. Sehingga ada yang tersesat dan sakit,” jelasnya. Sementara itu, sejumlah pendaki mengakui kondisi perjalanan jalur pendakian akhir-akhir ini kerap diguyur hujan. Sehingga  cukup menyulitkan mereka untuk mendaki maupun turun dari pendakian.
 
Sahabat Ngkong Pose @TNGGP 2009
Dalam situs resmi Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango => http://gedepangrango.org/ tertulis : Sehubungan dengan hal tersebut, bahwa dalam rangka melaksanakan pelayanan prima dan upaya keselamatan pengunjung, maka dipandang perlu untuk MENUTUP KEGIATAN PENDAKIAN UNTUK UMUM di kawasan TNGGP mulai tanggal 28 September s.d 30 Oktober 2010 berdasarkan Surat Keputusan Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Nomor : SK. 104/11-TU/3/2010 Tanggal 28 September 2010 Tentang Penutupan Kegiatan Pendakian Dalam Rangka Antisipasi Cuaca Ekstrim di Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP).

Tidak ada komentar: