Minggu, 03 Juni 2012

Oasis Fact (Time Flies) Part II

STANDING ON THE SHOULDER OF GIANTS (2000)


- Mark spike tent menjadi produser menggantikan Owen Morris.

- Judul album ini diambil dari kata-kata Sir Isaac Newton saat Noel melihat kutipan di sisi koin, kemudian dia menulis itu di bungkus rokok dalam keadaan mabuk. Saat dia terbangun di pagi hari, dia menyadari bahwa dia telah menulis sebuah judul album yang pas untuk Oasis.


- Karena alasan hukum, maka materi album ini direkam ulang setelah Bonehead dan Guigsy keluar, maka album ini hanya berisi Noel, Liam, dan Alan. 3 manusia ajaib!

- 'Go Let It Out', lagu ini awalnya seperti sangat lambat dan hampir terlihat seperti lagu dari Lennon, tapi kemudian mereka mengubahnya menjadi lebih cepat dari sebelumnya. Dan Noel memainkan bass seperti permainan McCartney dan banyak memakai instrumen dari tahun 60an.

- Di video clip Go let it out, formasi oasis terlihat seperti Beatles (Liam bernyanyi sambil bermain gitar, Noel bermain bass, Gem bermain gitar, serta Alan bermain drum).

- 'Who Feels Love', Noel menulis lagu ini di pagi hari saat berada di Thailand, dia ingin membuat suasana yang jauh dari London atau Inggris. Dia banyak mengunjungi kuil-kuil dan mengambil suasana hati disana untuk membuat lagu ini.

- 'Little James', Ini adalah lagu pertama yang dibuat oleh Liam yang didedikasikan untuk Patsy Kensit dan James Kerr. Suatu hari saat berada di kamar liam bernyanyi untuk dirinya sendiri, noel merekamnya tanpa memberitahu liam sebelumnya, beberapa hari kemudian ia pergi berlibur bersama patsy, lalu oasis melanjutkan lagu tersebut, setelah liam kembali dari liburan lagu itu telah selesai, dan ia langsung menyanyikannya di studio.

- 'Gas Panic', Awalnya lagu ini ditujukan untuk akustik dan benar-benar lembut. Lagu ini dibuat oleh Noel setelah ia terbangun pada jam 4 pagi, kebiasaannya adalah membangunkan Meg lalu mengajaknya berbicara sepanjang malam. Tapi kali itu Meg tidak terbangun, maka Noel menulis lagu ini menyesuaikan moodnya pada malam itu.

- Liam selalu merengek atau memaksa Noel untuk memainkan lagu 'I Can See a Liar'.



HEATHEN CHEMISTRY (2002)


- Judul album heathen chemistry diambil noel dari kaos bekas yang ia temukan di sebuah toko.

- Pertama kalinya dalam sejarah Oasis semua personil memberikan kontribusi lagu untuk album ini (Liam memberikan 3 lagu, Andy dan Gem masing-masing memberikan 1 lagu).

- Tanggal rilis diundur karena Liam tidak fokus, dia hanya fokus untuk bersenang-senang dan mabuk-mabukan. Noel sempat di buat was was, karena tanggal rilisnya sangat mundur jauh.

- Noel menyebutkan kalau album ini menjadi album terbaik setelah 'Definitely Maybe'.

- Judul lagu 'The Hindu Times' di ambil dari tulisan pada kaos yang dilihat Noel pada saat pemotretan.

- Johnny Marr ikut andil mengisi gitar di beberapa lagu oasis untuk album ini seperti "All in The Mind, Born on a Different Cloud, dan Better Man".

- Ini adalah album terakhir Oasis bersama Alan White, drummer yang sudah ada dari album Morning Glory.

- The Hindu Times awalnya hanya sebuah lagu instrument.

- Noel bermain drum saat gem menunjukkan lagu 'Hung in a Bad Place' pertama kali.

- Lagu 'Stop Crying Your Heart Out' dibuat noel dalam waktu semalam, dan langsung direkam di studio besok paginya untuk dimasukkan kedalam album.

- Supporter tim sepak bola inggris menyanyikan lagu ini bersama-sama di stadion saat inggris dikalahkan oleh Brazil di World Cup 2002.

- Songbird dibuat oleh Liam dalam waktu 10 menit, pada saat ia sedang berjalan-jalan di Perancis.

- 'She is Love' dibuat Noel untuk pacarnya saat itu (Sara), sebetulnya dia sangat membenci kata-kata love untuk mengungkapkan perasaan di lagu-lagunya, tapi kali ini dia sadar bahwa umurnya sudah 35 tahun dan dia berhak memakai kata-kata itu.



DON'T BELIEVE THE TRUTH (2005)



- Proses pengerjaan album dilakukan setelah Alan White pergi & digantikan oleh Zak Starkey.

- Dave Sardy berminat untuk menjadi produser untuk album ini, lalu Oasis di boyong ke Amerika untuk melakukan rekaman disana.

- Lyla adalah single pertama untuk album ini dan sukses, padahal sebelumnya oasis sempat ragu untuk menempatkan lyla sebagai single pertama.

- Mucky fingers adalah lagu yang disiapkan Noel untuk menjadi single, sebelum akhirnya digantikan oleh lyla.

- Beberapa lagu Oasis sempat bocor oleh iTunes, Apple berspekulasi bahwa rilisnya itu tanggal 3 mei, padahal seharusnya tanggal 30 mei.

- Album ini mendapat banyak penghargaan, karena mampu membuat suasana yang baru dengan kehadiran Zak sebagai drummer.

- Akhirnya setelah era 'Be Here Now', album ini mendapatkan tempat yang layak bagi penggemar dan kritikus.

- Noel membayangkan Bob Dylan yang menyanyikan Mucky Fingers dan Noel menyinggung Amerika dan Irak di lagu itu.

- Elvis memberikan pengaruh yang banyak pada 'The Meaning of Soul'.

- Andy bell membuatkan lagu 'Keep The Dream Alive' untuk tim sepakbola Jerman.

- Pada saat merekam 'Let There be Love', Noel berpikir ini seperti beberapa waktu lalu saat ia membenci liam sebagai partnernya untuk bernyanyi.

- 'Let There be Love' adalah lagu terlama yg pernah dibuat oleh Noel, yaitu sekitar 8 tahun.



DIG OUT YOUR SOUL (2008)


- Noel membuat konsep album megah seperti era 'Be Here Now', malah lebih dari itu. Album ini adalah jawabannya.

- Noel mengklaim bahwa album ini akan menjadi kelanjutan dari sejarah britpop, tapi dengan nama lain yang lebih segar tanpa ada unsur pop!

- Noel dan U2 bersaing untuk mendapatkan jatah rekaman di Abbey Road, lalu Noel keluar sebagai pemenang.

- Noel memberikan semua lirik di album kepada seorang seniman Ralph Steadman, lalu Ralph memberikan usul, Dig Out Your Soul sebagai nama album yang dikutip dari kata-kata Gem di lagunya.

- Russell Brand menyumbangkan suaranya untuk promosi album di TV.

- Pada saat hari peluncuran album di inggris, logo album muncul sebagai tag semprot di trotoar, termasuk di stasiun yang baru dibuka.

- Di New York, para penyanyi jalanan beramai-ramai memainkan materi lagu di album ini ditempat berbeda, dan sempat dihadiri oleh beberapa personil Oasis untuk melihat mereka bermain.

- Noel banyak menghabiskan waktu dengan Serge dari Kasabian, lalu dia mulai terpengaruh dengan lagu-lagu yang mempunyai hentakan seperti Kasabian, lalu 'Bag It Up' tercipta.

- Noel mengatakan pada media kalau lagu 'Bag It Up' menceritakan tentang kehidupannya sewaktu berumur 14-17 tahun saat mulai mencoba obat bius dan hidup serabutan.

- 'Waiting For The Rapture' menceritakan tentang seseorang yang ditemui oleh Noel pada tahun 2000 lalu, seorang yang disebutnya sebagai malaikat. Ya, dialah Sara.

- Menurut Gem, pada suatu malam Noel memainkan semua instrument di studio dan merekamnya. Anda tahu apa yang sedang dikerjakannya? dia telah membuat lagu berjudul 'The Shock of The Lightning' dan merekamnya sendiri.

- I'm Outta Time dibuat oleh Liam bukan sebagai penghargaan terhadap Lennon, karena menurutnya itu adalah sebuah sampah. Tapi ini lebih dari itu, dia memasukkan suara Lennon yang sedang berbicara seperti ini, “As Churchill said, it’s every Englishman’s inalienable right to live where the hell he likes. What’s he gonna do, vanish? He’s not gonna be able to get back.” ini tentang lennon saat berusaha pindah ke New York.

- Pada saat pembuatan lagu 'Soldier On', menurut Noel pada waktu itu saat Oasis sedang berkumpul dengan The Coral, mereka bermain bersama dan Oasis memainkan lagu tersebut, tapi setelah beberapa waktu mereka tidak ada yg mengingat kalau mereka pernah memainkan lagu itu. Namun setelah di cari-cari akhirnya mereka menemukan rekaman saat mereka memainkan lagu 'Soldier On'.

- Pada saat Noel membuat 'Falling Down' dia berpikir tentang omong kosong seperti global warming. karena menurutnya manusia tidak akan bisa membunuh bumi.

- Noel mengatakan dia menulis lagu berdasarkan mood, bukan berdasarkan standard lagu yg pernah dia buat untuk oasis sebelumnya, dia ingin memberikan hipnotis lebih.

- Pada bulan agustus 2009, Noel menyatakan keluar dari band setelah bertengkar hebat dengan Liam beberapa menit sebelum bermain di Perancis.

PART 3

Tidak ada komentar: