Jumat, 08 Juni 2012

Cara Bertahan Ala Franco Baresi


Franco Baresi

Franco Baresi.. sang maestro sepakbola, seorang legenda sekaligus mantan kapten Milan di era Dream Team berbicara kepada majalah FourFourTwo tentang seni dalam bertahan.


SABAR

“Seorang bek harus memiliki keberanian. Ia harus siap menjegal dan bertarung dengan pemain yang lebih besar. Anda bisa mempelajari kemampuan menekel dengan cara berlatih man-to-man dan satu lawan satu. Sebagai bek anda pasti menginginkan menjadi agresif tetapi tanpa harus melakukan foul. Jika lawan anda memegang bola dan anda menjadi bek, dia akan mencoba menjauhi bola dari anda. Ketika dia bergerak, saat itulah anda beraksi. Tunggu dan rebut pada saat yang tepat."

DISIPLIN

"Marking itu mematikan karena munculnya zonal marking, tetapi saya rasa lebih penting bagi seorang bek adalah belajar disiplin. Saat anda memainkan zonal marking anda tidak menjaga lawan tetapi ketika sebuah umpan datang baru anda memperhatikan lawan -Jika tidak, lawan akan mencetak gol!. Dan ingat, jika lawan lebih besar dari anda dan bagus dalam duel udara, mereka biasanya tidak begitu bagus dalam urusan teknik- Jadi anda harus bisa mengontrol permainan dalam bola-bola bawah." 

BERMAIN SEBAGAI TIM

"Seberapa cepat anda bergerak - kedepan, samping, kebelakang. Untuk mendapatkan keuntungan dalam situasi satu lawan satu anda harus cepat dalam bergerak. Ini bukan hanya menjadi cepat sebagai individu, tetapi sebagai sebuah tim. Di AC Milan kita mencapai tingkat di mana kami berada satu orang, bergerak pada posisinya, di waktu yang tepat, di segala penjuru. Dalam latihan kami memulai dengan satu lawan satu, kemudian dua lawan dua, empat lawan enam dan empat vs delapan. Permainan empat lawan delapan mengajarkan kita bagaimana untuk menghentikan perlawanan dan memaksa mereka untuk bermain bola panjang."

BERSIAP UNTUK YANG TERBURUK

"Konsentrasi dan kepercayaan sangat penting bagi seorang bek. Semakin anda berpikir sebagai seorang bek, anda menjadi lebih hati-hati. Anda tahu kapan itu lebih baik untuk menjaga lawan dan menjadi agresif atau mengambil keputusan? Latihan adalah rahasia untuk meningkatkan keyakinan diri karena anda mensimulasikan situasi permainan yang akan anda hadapi dalam sebuah pertandingan. Siapkan untuk yang terburuk dalam latihan sehingga ketika saat bermain anda akan tenang dan telah siap. Anda tahu bagaimana menangani situasi apa pun. "

MENYERANG DARI BELAKANG

"Nyaman dengan bola itu sangat penting bagi seorang bek, karena anda bisa memulai serangan. Giring bola kedepan dan mainkan umpan-umpan pendek ke pemain tengah, atau langsung arahkan pada striker. Pemain yang terorganisasi dengan baik & kompak jaraknya tidak pernah lebih dari 10-15 meter satu sama lain. Saat kehilangan bola, langsung press secara ketat. Jangan mundur dan mengundang tekanan. Jadilah positif. "

PERSIAPAN DILUAR LAPANGAN

"Sangat penting tetap berada pada bentuk tubuh ideal. Bagaimana anda menjaga diri sendiri itu berarti banyak. Diet dan profesionalisme sangat penting jika anda ingin terus bermain untuk waktu yang lama. Bagaimana anda berlatih dan mempersiapkan diri sama pentingnya dengan apa yang anda lakukan di lapangan. Ketika saya siap dan terlatih dengan baik, saya lebih percaya diri. Saya akan lari ke lapangan dan saya tidak takut. Jika tim memiliki etos ini dan anda semua percaya di dalamnya, ada harmoni antara semua pemain dan tim menjadi lebih kuat.

Tidak ada komentar: