Sabtu, 02 Juni 2012

Oasis Fact (Time Flies) Part I

Dalam tulisan kali ini saya akan membeberkan beberapa fakta-fakta mengenai band kesayangan kita yaitu Oasis. Artikel ini saya dapat dari beberapa sumber seperti dari grup Facebook Aliansi Oasis Indonesia Raya maupun dari blog para blogger pecinta Oasis. Sebenarnya saya ingin menulis artikel ini sejak lama namun baru terealisasikan sekarang (mungkin yang membuat saya bersemangat menulisnya kembali adalah dampak dari pembaharuan grup di Facebook AOIR yang mengakibatkan banyak postingan dari admin maupun member AOIR terhapus atau hilang). Nah, kini saya hanya ingin mengingatkan lagi kepada para pecinta Oasis (Oasis Fanatic) barangkali ada yang belum mengetahui fakta-fakta tersebut. Check This Out !


OASIS

- Oasis adalah nama yg paling populer di tahun 90an menurut 'Guinness Book of Records'.

- Rumah John Lennon adalah cover untuk single 'Live Forever'.

- Tim Abbott adalah penulis biografi Oasis yang ada di cover single 'Cigarettes & Alcohol'.

- No Way Sis adalah salah satu band tribute untuk Oasis dan satu-satunya band tribute yang menembus chart top 40 di UK.

- 'Some Might Say' adalah single Oasis yang pertama kali menjadi nomor 1 di Inggris.

- Don't Go Away adalah satu-satunya single yang tidak dirilis di UK, melainkan di Jepang.

- Sebagian besar dari personil Metallica adalah fans fanatik Oasis. Dan menurut Metallica, Oasis lebih baik ketimbang Blur! (Saat menjawab perselisihan antara Oasis dan Blur).



DEFINITELY MAYBE (1994)


- Liam mendapatkan nama Oasis dari poster band Inspiral Carpets yang ada di kamar, yang  
bertuliskan "Swindon Oasis Leisure Centre".

- Logo oasis pertama yang berupa putaran dari bendera inggris, pertama kali di gambar di studio latihan mereka di Manchester.

- Pada tanggal 18 agustus 1991, oasis bermain tanpa noel, noel hanya menyaksikan pertunjukan mereka dari tempat penonton.

- Oasis melakukan pertunjukan di atap gedung pada saat melakukan promo single mereka supersonic, The Beatles juga pernah melakukan itu pada saat let it be.

- Lagu oasis yang berjudul shakermaker menimbulkan kontroversi ketika perusahaan soda yaitu coca cola, mengklaim lagu tersebut mirip seperti lagu jingle mereka.

- Oasis selalu menambahkan lagu 'Octopus Garden' milik The Beatles di akhir lagu mereka yang berjudul 'Whatever' dibeberapa pertunjukan.

- Lagu 'Married With Children' terinspirasi dari mantan pacar Noel.

- Mr.Sifter yang berada di lirik shakermaker adalah nama toko music favorit Noel.

- Rumah yang ada di cover single 'Live Forever' adalah tempat dimana John Lennon tumbuh.

- Rumah yang ada di cover 'Definitely Maybe' adalah rumah Bonehead.

- Noel menulis lagu 'Whatever' dalam waktu 10 menit.

- Lagu seperti 'Columbia, Live Forever, dll' ditulis Noel pada saat ia masih bekerja di kontruksi  bangunan.

- Liam beberapa kali mengajak Noel untuk membuat band dan memberi nama “The Gallagher Brothers”, tapi kemudian Liam bergabung dengan The Rain bersama Bonehead dkk.

- Paul Arthurs di panggil Bonehead sejak ia berusia 7 tahun.

- Noel mengatakan maksud dari lagu 'Live Forever' adalah tentang rasa hormat terhadap apapun, bisa terhadap sepeda atau apapun yang kau senangi, yang bisa hidup selamanya. Dan dia menantang orang-orang 10 tahun kemudian untuk bisa mengalahkan lagu Live Forever!

- Noel mengatakan lagu 'Cigarettes and Alcohol' bisa menginspirasi orang-orang untuk melakukan tindakan paling brutal sekalipun. Dia ingin membuat lagu seperti 'Cum on feel the noise' yang dibuat oleh Slade.


(WHAT'S THE STORY) MORNING GLORY? (1995)


- Noel, Liam dan Guigsy adalah fans dari Manchester City, Alan White fans Charlton athletic, dan Bonehead adalah fans dari Manchester United.

- Tony McCaroll digantikan oleh Alan White setelah dia berkelahi dengan Liam, dimalam sebelum mereka melakukan pertunjukan di Top Of The Pops.

- Oasis melakukan pertunjukkan di 'MTV Unplugged' tanpa Liam, tapi di akhir acara kamera menyorot liam sedang duduk-duduk sambil ngebir bersama Patsy dan Meg.

- Oasis menciptakan record pertunjukan band, setelah 250.000 orang menghadiri konser mereka di Knebworth pada tanggal 9 agustus 1996.

- Oasis mendapatkan penghargaan sebagai band terbaik, album terbaik, dan lagu terbaik. Sepanjang tahun 95-96.

- Personil Smashing Pumpkins mengatakan pada media kalau Oasis adalah band terbaik setelah The Beatles.

- Noel mengatakan intro awal 'Don’t look back in anger' ia dapat dari Imagine (John Lennon).

- Di akhir lagu She’s Electric Noel menjiplak lagu The Beatles yang berjudul 'With a little help from my friends'.

- Cover dari single 'Wonderwall' adalah Amanda, dia seorang staff di Creation Records.

- Noel pernah mengatakan, “Beruntung kita tidak tinggal di Amerika, dimana senjata dijual bebas. Sebab saya akan meledakkan kepala liam sekarang. Tapi masalahnya ibuku akan membunuhku dahulu sebelum aku meledakkan kepala liam”

- Setelah Noel menulis 'Don’t look back in anger' dan 'Wonderwall', lalu dia menyuruh liam untuk memilih mana lagu yang ingin dia nyanyikan, ternyata liam memilih wonderwall, namun Noel kecewa karena lagu itu dia buat untuk pacarnya.

- Noel adalah pemuda paling kaya di inggris pada tahun 1996.

- Noel mengatakan bila 'Cigarettes and Alcohol' itu bisa membuat orang-orang menjadi brutal, tapi di lagu 'Roll With It' akan membuat orang melakukan hal yang terbaik.

- Noel mengaku lagunya yang berjudul 'Don’t Look Back in Anger' terinspirasi dari John Lennon dan Paul Weller.

- Di lagu 'Cast no Shadow' Noel ingin menulis lirik yang lebih berguna ketimbang tentang narkoba atau seks. Dia mengatakan “aku bukan morrissey, Bob Dylan ataupun Brett Anderson, mereka adala penulis  lirik yang jauh lebih baik dari aku.”

- She’s Electric adalah lagu pertama yang ditulis noel untuk album Morning Glory.

- Judul lagu 'Champagne Supernova' yang ditulis oleh noel adalah copotan dari judul film dan buku.



BE HERE NOW (1997)

- Oasis menghabiskan masa awal rekaman di Abbey Road dan di temani oleh segenap narkotika, dan itu pula yang menghambat jalannya sesi rekaman.

- Dalam waktu seminggu album Be Here Now terjual 696.000 kopi hanya di inggris. Dan menjadi album yang paling cepat terjual di inggris dengan 420.000 kopi dalam waktu sehari.

- Media mengkritik album Be Here Now, karena lagu-lagunya lebih panjang dan lebih berat.

- Walaupun telah lumayan berhasil dalam penjualan, tapi album ketiga ini adalah sebuah penurunan untuk gerakan Britpop.

- Kode morse di lagu D’you know what I mean terinspirasi dari lagu The Beatles yang berjudul 'Strawberry Fields Forever'.

- Liam bertengkar dengan Noel, hanya karena Noel menyanyikan lagu 'Magic Pie'. Itu adalah lagu favorit Liam.

- Meg adalah inspirasi dari lagu 'The Girl in Dirty Shirt', karena pada saat di satu malam meg sedang menyetrika pakaian kotor, karena dia tidak cukup membawa pakaian. Lalu liam mengatakan pada noel bahwa semua lagunya selalu terinspirasi dari meg, dan itu yang membuat liam kesal.

- Noel menyuruh Liam berpura-pura menjadi pria berkulit hitam dari Memphis saat menyanyikan lagu 'Fade In / Out', Johnny Depp juga mengisi slide guitar di lagu ini.

- Noel membuat lagu 'Don’t Go Away' untuk ibunya karena pada suatu saat ibunya masuk rumah sakit, dan dia benar-benar tidak ingin kehilangan sosok ibunya.

- All around the world adalah salah satu lagu yang dibuat noel sebelum ada lagu-lagu lainnya, dia ingin membuat sebuah opera besar dilagu itu, dan tentu saja lagu itu terinspirasi dari lagu the beatles 'Hey Jude' dan 'All You Need is Love'. Di lagu ini untuk part 'la..la..la' saja hampir mencapai 3 menit (The beatles dengan Hey Jude hingga 4 menit).

- Video Clip untuk 'All Around The World' dibuat selama 6 bulan di 24 komputer berbeda di periode tahun 97-98.

- Ini adalah album yang tidak disukai Noel, dan tidak ada satupun lagu dari album ini yg masuk kedalam album best oasis tahun 2006.

- Di tahun 2007 lagu 'All Around The World' dipakai untuk iklan AT&T.

- Di awal lagu D’you know what I mean, Noel sengaja memasukkan lirik lagu The Beatles yang berjudul “The Fool On The Hill”.

4 komentar:

Dendy mengatakan...

postingannya bagus,, makasi wat infonya

Ardhy_10 mengatakan...

Thanks bro, sama-sama.. Makasih udah mampir & komentar ^^

enjoy...! mengatakan...

Lagi seneng denger oasis lagi belakangan ini hehe.. Thanks infonya..

enjoy...! mengatakan...

Lagi seneng denger oasis lagi belakangan ini hehe.. Thanks infonya..