Sabtu, 20 Agustus 2011

Noel Gallagher: Aku Tidak Pernah Ingin Solo!

Noel Gallagher
 Noel Gallagher mengkhawatirkan tur solo pertamanya. "Satu dari dua hal akan terjadi" katanya.

"Sekitar 12 penampilan, aku duduk di ruang ganti, meneteskan keringat dan berpikir, 'Aku sama seperti Elvis. Hei, aku di sana dengan Sang Raja!"

"Atau, Aku duduk di ruang ganti yang sama, menjadi 'Ini omong kosong dan aku bahkan tidak tahu mengapa aku meninggalkan Oasis? Mengapa aku meninggalkan band itu? Kami benar benar hebat'."

Sudah 2 tahun sejak keluarnya Noel dari Oasis menyusul pertengkaran besar di Prancis yang melibatkan Noel dan Liam, sang adik. Plum dilempar, gitar hancur dan banyak kata-kata kasar. Sementara Gem Archer, Andy Bell dan Chris Sharrock melanjutkan untuk membentuk Beady Eye dengan Liam, Noel telah menghabiskan tahun lalu bekerja pada debut solonya di bawah bendera Noel Gallagher's High Flying Bird. Dia juga telah bekerja dengan duo psikedelik DJ The Amorphous Androgynous, yang telah meremix single terakhir Oasis, Falling Down.

Dan sejauh "perceraian" nya dengan band berjalan, Noel, 44, mengatakan itu semua dimulai cukup harmonis.

Dia mengungkapkan : "Setelah saya keluar, kami harus mengakhirinya karena kami semua mitra dalam berbagai bisnis (bukan bisnis seperti menjual jeruk dari sebuah truk). Kemudian Liam mulai melakukan wawancara dan itu seperti... hmmm.

"Tapi aku masih berbicara dengan Gem dan Sharrock. Aku suka berpikir mereka masih teman saya. Ada periode saya pikir saya hanya bisa duduk di rumah. Tapi aku penulis lagu. Jadi aku pikir aku akan membuat sebuah album, yang tidak bisa ditawar. Kemudian ternyata, ini terdengar cukup bagus."

SFTW telah bergabung dengan Noel di sebuah studio di London di mana dia siap untuk wawancara dan foto. Terlihat kurus dan sehat, dalam kemeja krem yang dikenakan, dia bercanda dengan wartawan Jepang dan berpose untuk foto dengan fans mudanya. Kemudian mengambil kursi untuk satu jam berikutnya, dia memberikan kita perhatian penuh pada kisah Noel Gallagher pasca Oasis.

"Aku hanya tidak pernah mau menjadi solo artis!" katanya, sambil mengaduk gula ke cappuccino nya. "Aku sangat senang berada di Oasis!".
Dia menjelaskan: "Aku terus ditanya oleh label rekaman tentang melakukan album solo, tapi aku senang di band."

"Ya, aku sudah menulis lagu karena aku penulis lagu tapi tidak berpikir mereka akan mendengarnya. Saya berpikir tentang melakukan proyek solo, kau tahu, memainkan beberapa lagu di studio, melakukan beberapa pertunjukan tapi aku tidak akan melakukannya dengan mengorbankan yang lainnya dalam grup. Kemudian pada akhir tur Dig Out Your Soul, aku berpikir aku akan melakukan proyek ini dan kemudian kembali ke Oasis.
"

"2015 ditandai sebagai 20 tahun album (What;s The Story) Morning Glory? dan aku pikir akan terlihat keren untuk memainkan album tersebut secara live dan membuat rekaman baru untuk Oasis. Ini akan menjadi perayaan yang tepat dari semua yang kami lakukan. Tapi, itu tidak berarti akan terjadi"

"Berada di sebuah band adalah sebuah kompromi. Oasis itu selalu aku yang menulis lagu dan Liam yang menyanyikannya. Namun, keadaannya berubah. Jika penyanyi tidak diizinkan menempatkan lagunya di album, itu menjadi suram untuk keharmonisan sebuah band. Jadi, Liam lebih banyak menulis, aku yang bernyanyi, Gem dan Andy mulai menulis sehingga Oasis menjadi sesuatu yang lain"
  
Di album barunya, Noel mengatakan inspirasinya adalah cinta, harapan dan "finding your feet".
  
"Oasis adalah band rock yang sangat macho dan anda tidak bisa benar-benar menyanyikan lagu-lagu tentang cinta. Tapi aku tidak pernah menjauh dari menulis lagu tentang itu (cinta). Aku ingin pendengar untuk berpikir tentang seseorang yang sangat mereka cintai (bisa ibumu, pacar atau istri).

"Dalam sebuah band dengan perbedaan penulis dan gaya, album akan selalu terputus-putus dan tidak pernah se-koheren Morning Glory di mana anda bisa memberitahu bahwa orang yang sama telah menulis semua lagu."

"Saya bukan frontman, tidak ada kata-kata yang bisa kuungkapkan dan aku belum melakukan pergerakan. Dan aku tidak akan pernah sebagus Liam. Seluruh hidupku adalah SideShow Bob dan saya senang."

Dan jika ibunya berhasil menembak kepalanya dan kepala Liam bersama-sama, apakah dia bisa melihat salah satu reuni Oasis di masa depan?

Tidak ada komentar: