Minggu, 05 Desember 2010

Indonesia habisi Laos 6-0

Keceriaan pemain Timnas
Timnas Indonesia memastikan satu tempat di semifinal piala AFF 2010 setelah berhasil menghancurkan Laos 6-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Sabtu (4/12) malam. Dengan 2 kemenangan beruntun yakni kala menghajar Malaysia 5-1 dan Laos 6-0 Indonesia berhak lolos sebagai juara grup A dengan nilai 6.


Indonesia memulai pesta golnya melalui Firman Utina yang sukses mengeksekusi tendangan penalti pada menit ke-27, setelah Cristian Gonzales dilanggar di area terlarang oleh pemain belakang Laos. Hanya 6 menit berselang, giliran Muhammad Ridwan yang sukses mengoyak jala gawang Laos yang dikawal Sengphachan Bounthisanh, lewat aksi individu yang sangat bagus. Gol ini sekaligus menutup babak pertama.

Di babak kedua, Tim Garuda langsung memperlihatkan dominasi mereka atas Laos dengan sangat baik. Hasilnya, hanya berselang empat menit sejak peluit babak kedua berbunyi, Firman Utina kembali menjebol gawang Laos lewat tendangan keras dari sisi kanan lapangan di dalam kotak penalti. Tendangannya mengarah ke sudut jauh gawang Laos tidak mampu dijangkau Sengphachan Bounthisanh.

Irfan Bachdim, mencetak gol ke-4 Timnas
Unggul 3-0 membuat skuad Merah Putih bersemangat, walaupun demikian timnas tidak mengendurkan serangan. Hasilnya di menit ke-61, Irfan Bachdim berhasil mencetak gol keempat Indonesia ke gawang Laos berkat assist Gonzales. Masuk menggantikan Muhammad Ridwan pada menit ke-69, Arif Suyono kembali membuktikan dirinya sebagai supersub dengan mencetak gol selang enam menit setelah ia masuk lapangan.

Selebrasi Okto Maniani usai mencetak gol
Hanya berselang lima menit, Oktovianus Maniani sukses mencetak gol keenam Indonesia sekaligus menutup pesta gol tim Garuda di menit ke-80. Gol ini sekaligus menutup pesta gol Indonesia di pertandingan kedua ini. Dengan dua kemenangan telak pada dua pertandingan yang sudah dijalani, Indonesia memastikan diri menjadi tim pertama yang lolos ke babak semifinal Piala AFF 2010. Enam poin sempurna yang didapatkan tim Garuda tidak dapat dikejar oleh Laos dan Malaysia yang baru mengumpulkan satu poin, serta Thailand yang mengumpulkan dua poin dari dua pertandingan. 

Susunan Pemain

Indonesia : Markus Haris Maulana; Zulkifli (Benny Wahyudi 73'), Hamka Hamzah, Maman, M. Nasuha; M. Ridwan  (Arif Suyono 69'), Firman Utina , Ahmad Bustomi , Oktavianus Maniani , Irfan Bachdim , Cristian Gonzales (Bambang Pamungkas 66');

Laos : Sengphachan Bounthisanh, S. Phommapanya , Kitsada Thongkhen , Ketsada Souksavanh, Khamla Pinkeo, Konetkham Inthammavong, Keoviengphet Liththideth, Kanlaya Sysomvang (Soukaphone Vongchiengkham, 50'), Khaysone Soukhavong, Lammao Singto, Khampheng Sayavutthi.

Tidak ada komentar: