Kamis, 02 Desember 2010

Indonesia Ganyang Malaysia 5-1!

Skuad Utama Merah Putih
Perhelatan akbar se-Asia Tenggara AFF Suzuki Cup 2010 resmi dimulai Rabu kemarin, Dan di pertandingan pembuka secara mengejutkan Thailand ditahan imbang oleh laos 2-2. Tapi, disini bukan review pertandingan itu yang akan dibahas melainkan pertandingan sengit antara Indonesia vs Malaysia yang dielar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Bermain di hadapan sekitar 50 ribu pendukungnya, Irfan Bachdim dkk. langsung menekan pertahanan Malaysia. Tapi, Indonesia malah dikejutkan dengan gol dari Malaysia pada menit ke-18. Pemain terbaik Malaysia, N. Idlan, berhasil menyelesaikan serangan balik yang dibangun rekan-rekan setimnya.


Tapi, keunggulan Malaysia itu hanya berlangsung 3 menit, anak asuhan Alfred Riedl itu menyamakan kedudukan 1-1 di menit ke-21. Mohamad Nasuha, yang menusuk dari sisi kiri pertahanan Malaysia, sukses mengirimkan umpan tarik ke depan gawang tim tamu yang kemudian mengenai tubuh M. Asraruddin sehingga membelokkan arah bola dan masuk ke gawangnya sendiri.Gol itu tercipta berkat kecerdasan Irfan Bachdim yang melakukan gerak tipu di depan gawang Malaysia.

Gol penyeimbang ini membuat Timnas Senior kembali bersemangat, alhasil di menit ke-33 Cristian "El-Loco" Gonzales berhasil membalikkan keadaan menjadi 2-1 lewat tendangan kaki kirinya. Hingga turun minum, skor tidak berubah 2-1 untuk keunggulan Indonesia.
Cristian Gonzales mencetak gol ketiga Timnas
Memasuki babak kedua, Malaysia terus menerus mendapat tekanan para pemain Indonesia. Hasilnya, lewat sebuah tusukan dari sisi kanan lapangan, Mohamad Ridwan berhasil memaksimalkan peluang kedua yang didapatnya pada laga ini. Skor berubah menjadi 3-1 untuk Indonesia.

Unggul 3-1 tidak membuat skuad Garuda mengendurkan serangan. Malah, Irfan Bachdim cs. terus membuat lini belakang Malaysia kerepotan. Memasuki menit ke-70, pelatih Alfred Riedl melakukan rotasi pemain, salah satunya adalah memasukkan Arif Suyono menggantikan M. Ridwan. Tidak perlu waktu lama, Arif Suyono berhasil mencetak gol di menit ke-76 memanfaatkan kesalahan pemain belakang Malaysia, 4-1 Indonesia memimpin.
Selebrasi Irfan Bachdim usai mencetak gol
Di menit - menit akhir pertandingan, yang saya nantikan akhirnya terjadi. Irfan Bachdim, salah satu pemain favorit saya memperbesar kemenangan Indonesia atas Malaysia menjadi 5-1. Gol ini terjadi berkat aksi Oktavanus Maniani dari sayap kiri yang kemudian melepaskan umpan ke arah gawang Malaysia yang kemudian disambar oleh Irfan. Gol itu sekaligus menjadi penutup pesta Indonesia atas Malaysia di SUGBK. Saya rasa Irfan Bachdim pantas mendapatkan gelar Man of The Match pada pertandingan semalam.



Susunan pemain:

Indonesia: Markus Haris; Zulkifli Syukur, Maman Abdurahman, Hamka Hamzah, Mohammad Nasuha; Muhammad Ridwan (Arif Suyono '74), Ahmad Bustomi (Toni Sucipto '74), Firman Utina , Oktovianus Maniani; Irfan Haarys Bachdim , Cristian Gonzales (Bambang Pamungkas 85').

Malaysia: Mohd Sharbinee; Mohd Razman (Mohd Ashaari '63), Mohamad Fadhli, Muslim Ahmad, Mohd Asraruddin (Mohd Sabre '80); Abdul Shukur (Amar Rohidan '63), Kunanlan Subramaniam, Safiq Bin Rahim , Mohd Zainal; Norshahrul Idlan , Mohd Safee;

Tidak ada komentar: