Rabu, 24 Oktober 2012

Implementasi Telematika : Sistem Manajemen Armada

Sistem manajemen armada membantu perusahaan secara efektif me-manage mesin, truk, mobil perusahaan dan banyak lagi. Sistem ini sedang digunakan oleh produsen terkemuka, distributor, perusahaan penyewaan dan kontraktor dalam sektor mesin, serta dealer truk dan perusahaan dalam transportasi, pertanian dan sektor industri.


Perangkat telematika dapat membantu bisnis untuk meningkatkan layanan pelanggan, produktivitas dan keselamatan serta mengurangi biaya bahan bakar, biaya tenaga kerja, emisi gas rumah kaca dan kendaraan / pemeliharaan peralatan. Telematika juga memiliki potensi untuk meningkatkan efisiensi operasi peralatan.

Ilustrasi Sistem :
Sebuah unit GSM atau GPS kecil dipasang di kendaraan atau mesin, yang mengambil informasi operasi dan mengirimkan data ke server. Informasi dari sistem yang ditampilkan secara online mengarah ke portal web Trackunit atau sebagai sebuah aplikasi pada smartphone. Portal web memberikan gambaran visual dari armada pada peta digital dan berbagai fungsi yang membantu Anda dengan pekerjaan sehari-hari Anda.


Sebagai contoh, operator peralatan dan manajer pertanian otomatis dapat menerima peringatan ketika planters, sprayers, dan mesin lainnya yang beroperasi di luar parameter yang telah ditentukan alias geo-fence. Ini juga membantu konsultan pertanian untuk memecahkan masalah jarak jauh dan menawarkan bimbingan untuk menyelesaikan masalah teknis tanpa mengganggu kerja lapangan atau melakukan perjalanan ke lapangan. Dengan peningkatan penggunaan elektronik komputer di traktor dan peralatan pertanian lainnya, diagnostik jauh dan bantuan teknis langsung dari tenaga teknis produsen semakin menarik bagi operator peralatan pertanian.


Keberhasilan telematika berbasis sistem pelacakan kendaraan telah membuka jalan bagi kemajuan dalam mengoptimalkan operasi pertanian. Sistem kendaraan modern pelacakan GPS menyediakan banyak lebih dari sekedar data lokasi. Fitur sistem telematika dapat mencakup pelacakan kendaraan secara real-time, pemantauan kinerja pengemudi, optimasi rute memanfaatkan laporan lalu lintas, diagnostik jauh komponen kendaraan seperti mesin (untuk menentukan kebutuhan pemeliharaan dan melaporkan masalah sebelum mereka menjadi kritis), dan laporan emisi kendaraan.


Referensi & Sumber Gambar :



Tidak ada komentar: