Minggu, 09 Oktober 2011

Bahasa Indonesia dan Pemanfaatan Pada Tataran Ilmiah

Tataran ilmiah ialah Merupakan wacana yang memilki aturan baku dan sejumlah persyaratan khusus yang menyangkut metode dan penggunaan bahasa. Contoh makalah, laporan, skripsi, tesis, disertasi. 

Sebuah karya tulis ilmiah merupakan hasil rangkaian gagasan yang merupakan hasil pemikiran, fakta, peristiwa, gejala dan pendapat. Penyampaian karya ilmiah bukan hanya mengekspresikan pikiran saja tetapi menyampaikan hasil penelitian. Karya ilmiah memiliki tiga ciri: 

1. Harus tepat dan tunggal makna, tidak remang nalar atau mendua makna
2. Harus secara tepat mendefinisikan setiap istilah, sifat, dan pengertian yang digunakan, agar tidak menimbulkan kerancauan atau keraguan.
3. Harus singkat, berlandaskan ekonomi bahasa

Berikut adalah contoh wacana yang berdasarkan tataran ilmiah :

Apakah  "Permata Perang" ?

Intan, sejak lama dilihat sebagai lambang cinta abadi, juga menjadi bahan bakar yang menjaga nyala api pemberontakan dibeberapa bangsa berkembang di Afrika. Meskipun sebagian besar dunia mengenal tambang intan dan kartel intan afrika selatan, tetapi perdagangan gelap intan mentah baru belakangan saja mendapat perhatian internasional.

Para diplomat menyebut bantuan ini sebagai “intan konflik” karena mereka menjadi sumber dana untuk mendukung tentara pemberontak di Angola, kongo, Liberia, sierra Leone. Di Negara-negara yang sejak lama terjangkit perang saudara, seggenggam intan mentah bias membiayai pasukan yang ingin menggulingkan pemerintah.

Para pemberontak akan memenfaatkan pasar gelap untuk menjadikan batuan yang belum digosok itu sebagai uang sehingga menambah pada pasokan tak terkontrol intan-intan yang pasarannya dikendalikan sangat ketat. Tetapi, per;awanan terhadap aliran intan konflik meningkat. Pemimpin produsen intan di afrika, De Beers, mengajak mitra-mitra mereka untuk memboikot batuan tersebut masuk kepasar.

Referensi :
http://vhi3y4.wordpress.com/2010/02/26/pemanfaatan-bahasa-indonesia-pada-tataran-ilmiah/
http://ruwana.blogspot.com/2010/11/pemanfaatan-bahasa-indonesia-dalam.html

Tidak ada komentar: