Jumat, 15 Oktober 2010

Arti Pentingnya Organisasi dan Metodenya


Organisasi dapat diartikan sebagai:

a) Wadah : sekelompok manusia untuk saling bekerjasama satu sama lain.
b) Proses : pengelompokan manusia dalam suatu kerja sama yang efisien.

Metode dapat diartikan sebagai
suatu tata kerja yang dapat mencapai tujuan secara efisien.

Berikut beberapa pengertian organisasi menurut para ahli :

a)      Organisasi menurut Stoner => Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
b)      Organisasi menurut James D. Mooney => Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
c)      Organisasi Menurut Chester I. Bernard => Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
 Pengertian organisasi dan metode secara lengkap adalah :
Rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang sah ditetapkan
 
Teori organisasi menurut para ahli :
a). Teori Organisasi Klasik (Teori Tradisional)

Teori klasik (classical theory) berisi konsep-konsep tentang organisasi mulai tahun 1800 (abad 19). Secara umum digambarkan oleh para teoritisi klasik sebagai sangat desentralisasi dan tugas-tugasnya terspesialisasi, serta memberikan petunjuk mekanistik struktural yang kaku tidak mengandung kreativitas.

b) Teori Birokrasi

Teori ini dikemukakan oleh Max Weber dalam bukunya “The Protestant Ethic and Spirit of Capitalism. Kata birokrasi mula-mula berasal dari kata legal-rasional. Organisasi itu legal, karena wewenangnya berasal dari seperangkat aturan prosedur dan peranan yang dirumuskan secara jelas, dan organisasi disebut rasional dalam hal penetapan tujuan dan perancangan organisasi untuk mencapai tujuan tersebut.

c) Teori Administrasi
Teori ini sebagian besar dikembangkan atas dasar sumbangan Henri Fayol dan Lyndall Urwick dari Eropa serta Mooney dan Reily dari Amerika.
Henry Fayol industrialis dari Perancis, pada tahun 1841-1925 mengemukakan dan membahas 14 kaidah manajemen yang menjadi dasar perkembangan teori administrasi adalah :
- Pembagian kerja (division of work)
- Wewenang dan tanggung jawab (authorityand responsibility)
- Disiplin (discipline)
- Kesatuan perintah (unity of command)
- Kesatuan pengarahan (unity of direction)
- Mendahulukan kepentingan umum daraipada pribadi
- Balas jasa (remuneration of personnel)
- Sentralisasi (centralization)
- Rantai scalar (scalar chain)
- Aturan (oreder)
- Keadilan (equity)
- Kelanggengan personalia (stability of tenure of personnel)
- Inisiatif (initiative)
- Semangat korps (spirit de corps)  

Hubungan organisasi kemahasiswaan
Organisasi adalah sebagai alat dari suatu kegiatan yang dilakukan oleh beberapa orang atau lebih yang bekerja sama untuk mencapai tujuan.

Seperti dalam hubungan organisasi kemahasiswaan yang dimana suatu organisasi kemahasiswaan ini dapat menjadi wadah bagi siapapun yang gemar dalam ikut berpartisipasi didalam kegiatan kemahasiswaan yang juga dapat menjalin kekerabatan antar seseorang.

Agar tercipta dan terwujud suatu organisasi di dalam kemasiswaan yang mampu mengorganisir seluruh kegiatan kemahasiswaan yang berani dan bertanggung jawab dan bersifat mendidik dalam suatu organisasi yang kita dirikan.

Hubungan organisasi dengan organisasi kemahasiswaan
Hubungan organisasi dengan organisasi kemahasiswaan adalah Organisasi dalam arti statis. Organisasi dalam arti dinamis Organisasi sebagai sistem kerja sama. Organisasi sebagai sistem tata hubungan kerja. Organisasi sebagai proses pembagian tugas

Organisasi adalah sebagai alat dari suatu kegiatan yang dilakukan oleh beberapa orang atau lebih yang bekerja sama untuk mencapai tujuan.

Seperti dalam hubungan organisasi kemahasiswaan yang dimana suatu organisasi kemahasiswaan ini dapat menjadi wadah bagi siapapun yang gemar dalam ikut berpartisipasi didalam kegiatan kemahasiswaan yang juga dapat menjalin kekerabatan antar seseorang.

Agar tercipta dan terwujud suatu organisasi di dalam kemasiswaan yang mampu mengorganisir seluruh kegiatan kemahasiswaan yang berani dan bertanggung jawab dan bersifat mendidik dalam suatu organisasi yang kita dirikan.
Proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia.
Organisasi
            Alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokan.
Tata Kerja
            Pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerja sama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.

Bentuk-bentuk organisasi niaga dan social
Pokok pembahasan

  1. Organisasi Niaga
  2. Organisasi Social
  3. Organisasi regional dan international
 Organisasi niaga
Macam-macam Organisasi Niaga
1.Perseroan Terbatas (PT)‏
2.Perseroan Komanditer (CV)‏
3.Firma (FA)‏
4.Koperasi
5.Join Ventura
6.Trus
7.Kontel
8.Holding Company
 
Organisasi Social (organisasi kemasyarakatan)

Organisasi Sosial
Organisasi yang dibentuk oleh anggota masyarakat

Jalur pembentukan organisasi Kemasyarakatan :
    1. Jalur Keagamaan
    2. Jalur Profesi
    3. Jalur Kepemudaan
    4. Jalur Kemahasiswaan
    5. Jalur Kepartaian & Kekaryaan
Organisasi Regional & International

Organisasi Regional
            organisasi yang luas wilayahnya meliputi beberapa negara tertentu saja.

Organisasi Internasional
            Organisasi yang anggota-anggotanya meliputi negara di dunia.


Struktur organisasi
Bentuk-bentuk organisasi :

  1. Bentuk Organisasi Staff
  2. Bentuk Organisasi Lini
  3. Bentuk Organisasi Fungsional
  4. Bentuk Organisasi Fungsional & Lini
  5. Bentuk Organisasi Fungsional & Staff
  6. Bentuk Organisasi Lini &Staff
http://www.rycki.blogspot.com/2009/09/arti-organisasi-dan-metode.html

Tidak ada komentar: